Forum Curhat

Members Login
Username 
 
Password 
    Remember Me  
Post Info TOPIC: Rasa bersalah


Newbie

Status: Offline
Posts: 1
Date:
Rasa bersalah
Permalink  
 


Dengan hormat,
Saya seorang Ayah yang berusia 29 Tahun, saya mengalami penyakit kejiwaan yang cukup serius, saya senang dengan adanya forum ini karena saya bisa berbagi. Penyakit saya itu adalah saya seorang yang bekerja di Bidang IT, namun beberapa bulan ini saya takut untuk bekerja IT lagi terutama untuk membajak Software (windows) karena saya takut jika saya membajak maka anak saya yang saya sayangi sakit. Hal ini sudah terjadi beberapa kali tiap kali saya mau membajak software di kantor maka anak saya selalu sakit, padahal saya bekerja di bidang yang mengharuskan saya untuk menginstall software bajakan di komputer. Saya juga selalu ketakutan akan hal - hal yang tidak jelas, malas bekerja maunya hanya duduk dan memastikan semua keluarga saya baik-baik saja ? saya sangat trauma dengan kehilangan anggota keluarga tapi akibatnya saya justru tidak bisa bekerja lagi dan maunya mengundurkan diri dari pekerjaan. Tolong saya dibantu ya, saya saat ini minum obat dokter tapi akibatnya saya jadi malas bekerja dan maunya tidur melulu.

Semuanya mungkin bermula waktu saya kerja di lokasi di salah satu perusahaan swasta asing di Indonesia, waktu itu semua hal berjalan mulus dan lancar di hidup saya, karir bagus, meningkat, tapi waktu itu saya mencoba untuk mendua dari pacar saya dan tidak beberapa lama kemudian nenek saya sakit keras, semenjak itu saya selalu ketakutan bahwa apapun juga yang saya lakukan akan berakibat buruk terhadap keluarga saya, tolong saya karena keluarga saya sudah letih mendengar keluhan dan ketakutan saya, saya juga letih karena harus mengalami ketakutan akan terjadinya apa-apa dengan keluarga saya, saya sering dinasehatin untuk pasrah kepada Allah, zikir, tapi belum berhasil, saya mau olahraga tapi rasa malas pengaruh obat sangat kuat mungkin ada saudara-saudari yang bisa merubah jalan pikirian saya kembali.



__________________
Tarjum

Date:
Permalink  
 

@astari98, salam kenal. Terima kasih atas kesediaan dan kepercayaannya untuk curhat di forum ini.

Setiap kali anda melakukan kesalahan, anda langsung merasakan akibatnya. ini sebenarnya luar biasa. sepertinya Tuhan sangat menyayangi anda, setiap kali anda berbuat salah langsung diperingatkan. gimana klo anda dibiarkan sampai melakukan kesalahan fatal dan akibat yang fatal pula?

Masalahnya jelas, anda tidak boleh melakukan hal-hal yang melanggar hukum (hukum agama maupun hukum positif). dan memang setiap orang seharusnya tidak melakukan hal itu. karena begitu anda melakukannya, terjadi hal buruk dengan keluarga anda. ini menjadi beban pikiran bagi anda. muncullah kekhawatiran, ketakutan dan merasa bersalah dan menyalahkan diri sendiri. Rasa bersalah, menyalahkan diri sendiri, mengasihani diri sendiri dan orang lain, sebenarnya itulah biang kerok, akar penyebab gangguan kejiwaan.

Saran saya, sebaiknya kalau memungkinkan anda mencari pekerjaan lain yang tak mengharuskan anda melakukan hal-hal yang melanggar hukum agar anda tak merasa takut dan merasa bersalah. saya kira banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga IT. bisa juga anda membuka usaha sendiri di bidang IT misalnya atau menjadi konsultan IT. Aktivitas fisik seperti olah raga sangat baik untuk membantu proses penyembuhan, juga membuat tubuh dan pikiran lebih segar dan sehat. jangan biarkan diri anda berada dalam ketakutan dan kekhawatiran, keluarlah dan cari solusi terbaik.

Sementara sekian dulu, semoga membantu.



__________________
alow

Date:
Permalink  
 

sebelumnya maaf, saya kurang setuju dengan jawaban mas Tarjum sebab hal ini bukanlah suatu berkah tapi gangguan, apalagi karena mas Artari juga ketakutan akan hal-hal yang tidak jelas.
saya dulu punya seorang teman yang menderita obssesive compulsive disorder tingkat rendah, dia pernah curhat ke aku, dia itu sering cuci tangan (main sabun) dan terkadang sampai mengotori seluruh bak mandi dengan sabun. alasan dia melakukannya dia merasa dia harus melakukannya agar tidak terjadi hal hal yang buruk seperti salah satu anggota keluarganya meninggal, dan alasan aneh lainnya. setahu saya dia ada minum obat dokter dan sekarang sudah membaik.
kalau boleh tahu, apakah selalu kejadian seperti ketika anda menginstall software tsb, apakah sejak dari dulu ataukah seperti yang anda tulis baru muncul beberapa bulan ini.
pasti ada kan kejadian yang tidak terbukti walaupun rasa takut dan bersalahnya kuat dan dalam jangka waktu yang lama.
kalau untuk pengobatannya, saya juga kurang paham tapi mungkin memang harus minum obat untuk menenangkan rasa bersalah tsb tapi disertai terapi.


__________________
Tarjum

Date:
Permalink  
 

@alow, anda benar!

Apa yang dialami astari mungkin sejenis gangguan kejiwaan, berupa ketakutan / keyakinan-keyakinan yang aneh dan tak jelas. Mungkin seperti yang dialami teman alow.

Saya sendiri pernah mengalami keyakinan-keyakinan aneh seperti itu. Ternyata keyakinan-keyakinan aneh itu merupakan efek dari kondisi psikis saya yang tak normal, saya menderita depresi terselubung dan meningkat menjadi gangguan bipolar. ini saya alami saat kelas 2 SMP sampai lulus SMA. Jika anda ingin mengetahui keyakinan2 aneh yang saya alami silakan baca bagian kisah saya di website saya berjudul "Keyakinan-keyakinan aneh". mungkin ada kesamaan dengan yang dialami mas astari dan temannya alow.

Soal saran saya untuk meninggalkan pekerjaan yang membuat mas astari selalu merasakan ketakutan2, itu merupakan salah satu cara untuk memutus penyebab awal ketakutannya. Paling tidak mas astari tak merasakan dilema antara melakukan tugas dan kekhawatiran berbuat hal yang salah menurut keyakinannya. Setelah tak lagi melakukan hal-hal yang membuatnya merasa bersalah, apakah perasaan takut itu masih juga ada atau tidak.  Dari sana bisa diambil langkah terapi lanjutan, dengan tarapi farmasi atau perlu terapi lain. Untuk ini perlu konsultasi dengan ahlinya (psikolog/psikiater).

Sekian dulu, semoga membantu.



__________________
Page 1 of 1  sorted by
 
Quick Reply

Please log in to post quick replies.

Tweet this page Post to Digg Post to Del.icio.us


Create your own FREE Forum
Report Abuse
Powered by ActiveBoard