Forum Curhat

Members Login
Post Info TOPIC: makanan Khas Palembang


Newbie

Status: Offline
Posts: 1
Date:
makanan Khas Palembang
Permalink  
 


Ada rencana mau berkunjung Purwokerto? kotayang terkenal akan kota keripik, kota transit juga kota pendidikan ini faktanya punya beragam kuliner yang pasti menggoyang lidah. Kuliner Purwokerto tersebut bahkan sudah benar-benar populer karena rasanya yang dijamin lezat. Apa saja sih kuliner khas Purwokerto tersebut?
Mendoan
Kuliner Purwokerto yang berbentuk cemilan ini benar-benar terkenal, bahkan tidak cuma saja di wilayah Purwokerto aja. Bahannya dari tempe yang terdapat protein nabati, tempe ini dipotong tipis-tipis terus dilapisidibalut secara adonan tepung terigu serta digoreng dalam minyak panas. Tambah lengkap juga jika tempe mendoan tersebut disajikan dengan cocolan kecap, sambal ataupun potongan cabe rawit.
Soto Unik Purwokerto, Soto Sukaraja
Sebagian kota di Indonesia pastinya memiliki soto khas mereka masing-masing. Begitu juga di Purwokerto, yang memiliki soto dinamakan soto Sukaraja. Soto ini berbeda dibandingkan soto pada daerah sebagainya karena pakai ketupat, bumbu kacang serta kerupuk yang berwarna-warni di atasnya. Dengan campuran kaldu kental yang sedap dan manis, dijamin deh kamu bakaltambah menambah 1 porsi soto Sukarajaha tersebut lagi.

Lumpia

Jika di Semarang, lumpia diketahui menjadi makanan ringan. Sementara di Purwokerto, lumpia dikenal dengan lauk yang bisa dimakan beserta nasi. Lumpia Samarang beserta lumpia Purwokerto ini beda. Khususnya dalam ukurannya. Ukuran lumpia purwokerto agak besar, serta disebut lumpia bom. Panjangnya bisa memperoleh 15-20 cm sama diameter 4-6 cm. Isian oleh lumpia tersebut pula tak menggunakan rebung, tetapi menggunakan sayuran segar, daging, telur dan seafood.
Soto Unik Purwokerto, Soto Sungeb
Kuliner Purwokerto berbentuk soto lainnya merupakan soto sungeb. Soto tersebut pula sama lewat soto Sukaraja sebab menggunakan ketupat. Isi oleh soto sungeb ini yakni daging ayam, bihun, kerupuk mie kuning serta kerupuk merah.
Gethuk goreng
Kuliner Purwokerto tersebut termasuk camilan yang tinggal diminati masyarakat. Gethuk yang dibikin oleh umbi-umbian ini lazimnya diolah secara tahapan-tahapan direbus, di Purwkerto gethuk tersebut diolah secara cara digoreng. Terbuat oleh singkong ataupun ketela, lalu makanan ini dicampur dengan gula jawa. Makanan khas tersebut benar-benar nikmat bila dimakan hangat-hangat menjadi pendamping menyeruput kopi dan teh.

Keripik Tempe

tidak hanya mendoan, terdapat satu lagi makanan unik Purwokerto yang bahannya dari tempe, yakni keripik tempe. Keripik tempe ini yaitu potongan tempe yang begitu tipis, lalu dibalut tepung serta digoreng sampai teksturnya begitu renyah. Makanan ini dapat dengan gampang anda jumpai di toko yang ada oleh-oleh.

Bakmi

Bakmi Purwokerto tersebut beda dengan bakmi yang lain. Yang membedakannya ialah bakmi tersebut menggunakan mie lebar mirip dengan kwetiau. Diolah dengan memakai bumbu di atas tungku yang ada arang, menjadikan bakmi ini tambah harum aromanya. Bakmi tersebut bisa dipilih berdasarkan dengan selera anda, yaitu bakmi goreng, bakmi rebus maupun bakmi versi nyemek. 

Versi nyemek ini yakni bakmi goreng yang ditambahkan kuah.
itulah makanan Purwokerto yang perlu kamu rasakan, lantaran dijamin lidah kamu akan ngiler karena amat enaknya.



__________________
Page 1 of 1  sorted by
 
Quick Reply

Please log in to post quick replies.

Tweet this page Post to Digg Post to Del.icio.us


Create your own FREE Forum
Report Abuse
Powered by ActiveBoard